Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya
manusia, sebab pendidikan merupakan wahana atau salah satu instrumen yang
digunakan bukan saja untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan,
melainkan juga dari kebodohan dan kemiskinan. Di era globalisasi dewasa ini,
kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia.
Kualitas sumber daya manusia bergantung pada mutu pendidikan. Salah satu
komponen penting dari sistem pendidikan tersebut adalah kurikulum, karena
kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap
satuan pendidikan, baik oleh pengelola maupun penyelenggara; khususnya oleh
guru dan kepala sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah pelaksanaan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan mutu
pendidikan di Madrasah Aliyah Muhamadiyah I Malang dan Apa faktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhamadiyah
I Malang.
Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji mengenai implementasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk meningkatkan mutu
pendidikan di Madrasah Aliyah Muhamadiyah I Malang adalah metode kualitatif.
Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi KTSP dalam
meningkatkan mutu pendidkan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang
diimplementasikan dalam proses pembelajaran yakni: a) Persiapan pelaksanaan
pembelajaran, b) Pelaksanaan Pembelajaran, c) Evaluasi hasil belajar. Sedangkan
faktor pendukung implementasi KTSP meliputi Sarana prasarana pembelajaran di
Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Malang secara kuantitas maupun kualitas
sudah cukup memadai. Adanya program-program sekolah dalam rangka
implementasi KTSP antara lain : sosialisasi mengenai konsep-konsep dasar KTSP,
Pembentukan kepanitiaan KTSP, Adanya tim pengembang dan penyusun KTSP,
Setiap satu bulan sekali dilakukan evaluasi yang dikemas dalam briefeng atau
rapat dinas sekolah.
Adanya sistem penilaian kinerja terhadap guru dan siswa
dengan menerapkan reward (penghargaan) serta punishment (hukuman).
Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi KTSP di Madrasah Aliyah
Muhammadiyah I Malangantara lain : Lemahnya kemampuan guru dalam
melakukan penilaian secara mandiri atau berkelanjutan, terbatasnya (dana, waktu,
serta tenaga) dalam penggunaan metode pembelajaran dan kurangnya kesiapan
siswa untuk belajar mandiri.
DOWNLOAD & VIEW : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhamadiyah Malang
0 comments:
Post a Comment