Khusus di SMP N 1 Dawe Kudus, berdasarkan hasil wawancara dengan
guru BK diperoleh informasi bahwa sampai saat ini belum pernah diadakan satu
kegiatan khusus dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang
potensi diri. Berpijak dari hal ini layanan informasi bidang bimbingan pribadi
amat penting diberikan kepada siswa untuk memberikan serangkaian data dan fakta
tentang potensi diri untuk meningkatkan pemahaman potensi diri. Permasalahan
yang dibahas dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Layanan Informasi
Bidang Bimbingan Pribadi Terhadap Pemahaman Potensi Diri Siswa Kelas VIII SMP N
1 Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitain ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment
dengan bentuk one group pretest-posttest design. Variabel dalam
penelitian ini adalah layanan informasi bidang bimbingan pribadi sebagai
variabel independen dan pemahaman potensi diri sebagai variabel dependen
.Sedangkan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 23 siswa dari 111
siswa yang memiliki pemahaman potensi diri dalam kriteria sedang. Metode dan
alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dengan bentuk skala psikologi.
Tehnik analisis data menggunakan uji t.
Bimbingan pribadi menunjukkan adanya peningkatan, terbukti jumlah
skor yang diperoleh siswa sebelum layanan 1519 dengan rata-rata skor 66,043
meningkat menjadi 1623 dengan rata-rata skor 70,565 setelah diberikan layanan.
Sedangkan berdasarkan hasil analisis skor skala pemahaman potensi diri,
pemahaman potensi diri 23 siswa kelas VIII SMP N 1 Dawe Kudus sebelum
mendapatkan layanan informasi bidang bimbingan pribadi berada dalam kriteria
sedang dan sesudah mendapatkan layanan informasi bidang bimbingan pribadi
pemahaman potensi diri 23 siswa kelas VIII SMP N 1 Dawe Kudus mengalami
perubahan. 9 siswa meningkat dan masuk dalam kriteria tinggi, 10 siswa tetap
dan masih dalam kriteria sedang, dan 4 lainnya menurun dan masuk dalam kriteria
rendah. Hipotesis penelitian yang menyatakan layanan informasi bidang bimbingan
pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman potensi diri siswa kelas
VIII SMP N 1 Dawe Kudus tidak teruji kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dari
hasil thitung = 2,004 lebih kecil dari ttabel
pada signifikansi 5% yaitu 2,075.
DOWNLOAD : Pengaruh layanan informasi bidang bimbingan pribadi terhadap pemahaman potensi diri siswa kelas VIII SMPN
0 comments:
Post a Comment