Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek
penelitian sekaligus populasi penelitian yang terdiri atas siswa kelas X
sebanyak 32 siswa, siswa kelas XI sebanyak 31 siswa, siswa kelas XII sebanyak
32 dan dewan guru sebanyak 9 guru. Data primer diambil dengan metode kuesioner dengan
angket sebagai instrumennya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan internet
sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru di SMK Negeri 2 Depok Sleman
berada pada kategori tinggi, dengan ini berarti fasilitas yang ada disekolah
maupun dilingkungan sekolah sudah digunakan dengan optimal untuk mencari
referensi belajar maupun untuk pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan internet
sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa kelas X sebesar 75%, siswa kelas
XI sebesar 77.42%, siswa kelas XII sebesar 71.88% dan guru sebesar 66.66%.
Hambatan siswa dan guru dalam menggunakan internet sebagai salah
satu sumber belajar sebesar 69.47% siswa dan 77.77% guru mengatakan bahwa
hambatan dari aspek sarana prasarana pada kategori rendah. Ini berarti bahwa
fasilitas atau sarana prasarana yang ada di sekolah maupun dilingkungan sekolah
sudah memadai untuk digunakan oleh para siswa dan guru dalam mencari sumber- sumber
belajar dan sebagai media untuk belajar. Selain dari segi sarana prasarana hambatan
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar juga berasal dari internet yaitu
makin banyaknya situs-situs pertemanan, seperti facebook, twitter, kaskus dan
situs-situs hiburan yang ada di internet yang mempengaruhi produktifitas belajar
siswa maupun guru.
DOWNLOAD: Pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru di jurusan teknik elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman
0 comments:
Post a Comment